152
152 shares, 152 points
Monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM (Vehicle Dumping Machine) 800 GS di Jl. Siliwangi Kota Cirebon

Kota Cirebon adalah kota yang menyimpan banyak keunikan, baik tardisi dan sejarahnya. Tempat-tempat wisatanya juga keren. Apalagi beragam kulinernya, seperti empal gentong atau nasi jamblang, uuh sedep banget gaes. Tapi kali ini kita akan membahasa tentang sejarahnya, salah satunya sejarah Keteta Api di Kota Cirebon ini, kamu belum tahu kan gimana sejarah perkereta apian di Kota Cirebon?

Nah, baru baru ini tengah viral, monumen mesin kereta Api di depan Kantor Daop 3 Cirebon, tepatnya di Jalan Siliwangi Kota Cirebon. Monumen ini berupa Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM (Vehicle Dumping Machine) 800 GS berwarna oranye, yang dipajang beserta rel di bawahnya.

Direktur Utama PT KAI Daop 3 Cirebon, Edi Sukmoro saat meresmikan monumen tersebut mengatakan, penggunaan VDM 800 GS menjadi spesial karena merupakan monumen mesin perawatan jalan rel pertama yang ada di Indonesia. Berarti sudah sepuh banget ya gaes.

Pembangunan monumen ini dilatarbelakangi apresiasi dan mengenang beroperasinya Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel tipe VDM 800 GS di wilayah kerja perkeretaapian Indonesia.

VDM 800 GS merupakan mesin perawatan jalan rel buatan Austria dan pernah dioperasikan di Daop 1 Jakarta, Daop 3 Cirebon, Daop 5 Purwokerto, Daop 6 Yogyakarta, Daop 7 Madiiun, Divre I Sumatera Utara dan Divre III Palembang. Pada awal pembeliannya di tahun 1988, sebanyak 9 unit mesin VDM 800 GS didatangkan ke Indonesia.

“VDM merupakan mesin mekanik berat untuk perawatan jalan rel  yang dilengkapi alat pemadat dan vibrator yang berfungsi untuk memadatkan balas (batu kricak) di antara bantalan jalur rel kereta api,” tuturnya saat peresmian pada 10 November 2019 lalu.

Hingga saat ini, lanjutnya, hanya tersisa 1 mesin VDM 800 GS yang masih beroperasi di wilayah kerja PT KAI dan saat ini berada di Daop 7 Madiun. Adapun Mesin Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS yang kini digunakan sebagai monumen, telah beroperasi kurang lebih selama 22 tahun. Tercatat pada tahun 2010 lalu, VDM 800 GS ini dinyatakan sudah tidak beroperasi dan mangkrak di emplasemen Balai Yasa Mekanik Cirebon Prujakan.

Karena itulah, Vice President PT KAI Daerah Operasi 3 Cirebon, Tamsil Nurhamedi berinisiatif untuk menjadikannya monumen yang juga diharapkan menjadi salah satu ikon di kota Cirebon, di mana lokasinya bersebelahan dengan Balai Kota Cirebon. Keberadaan monumen ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi dan pembelajaran terkait perkeretaapian. Bagi kamu yang berencana ke Cirebon, wajib deh melihat monumen ini. Bisa sambil wisata sekaligus mengenal sejarahnya.

Kerennya lagi, monumen Mesin Mekanik Perawatan Jalan Rel VDM 800 GS ini juga sebagai simbol bahwa PT KAI Daop 3 Cirebon siap dengan prasarana jalan rel yang andal, untuk mensupport kelancaran dan keselamatan perjalanan kereta api. Untuk di wilayah Daop 3 Cirebon, tercatat sebanyak 192 KA melintas per harinya.

“Sehingga dengan berdirinya monument tersebut, diharapkan dapat menjadi penyemangat jajaran PT KAI Daop 3 Cirebon untuk selalu kuat, kokoh dan optimis untuk terus meningkatkan kehandalan dan kecepatan prasarana kereta api, serta terus berinovasi untuk kemajuan PT KAI,” jelas Tamsil, Senin (9/12/2019).

Dengan adanya monumen ini, lanjut Tamsil, diharapkan dapat menjadi kebanggaan baru bagi masyarakat Kota Cirebon, sehingga semakin mencintai transportasi kereta api. Hadirnya monumen ini, juga turut mempercantik dan menambah daya tarik pariwisata Kota Cirebon, seiring dengan pembenahan dan penataan kota yang sedang berjalan.

“Semoga bisa menjadi ikon wisata baru di Kota Cirebon,” pungkasnya.

Meski sudah lawas, moda transportasi  ini memang memiliki peminatnya sendiri hingga kini. Selain cepat melakukan perjalanan, Kereta Api ini jadi saksi sejarah Indonesia, khususnya di Cirebon ini.


Like it? Share with your friends!

152
152 shares, 152 points

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Image
Photo or GIF