176
176 shares, 176 points

Kulturina.id – Seni tradisi pencak silat yang menjadi kebanggaan Nusantara kini mendapatkan kejutan yang luar biasa gaes. Kabar mengejutkan itu yaitu bahwa Pencak Silat Indonesia tercatat oleh UNESCO sebagai Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity pada Kamis, (12/12/19) di Bogota, Kolombia.

Salah satu yang jadi perhatian Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO karena pelestarian Tradisi Pencak Silat telah menunjukkan aspek yang mendorong penghormatan dan persaudaraan serta mendorong kohesi sosial, tidak hanya di satu wilayah, tetapi juga secara nasional bahkan di dunia internasional. Pencak silat tak sekedar seni bela dari ternyata gaes, pencak silat bisa mempererat persaudaraan orang Indonesia. Makanya kita harus bangga tuh udah punya pencak silat yang terkenal di dunia.

Penetapan Tradisi Pencak Silat dalam Warisan Budaya Tak benda UNESCO merupakan bentuk pengakuan dunia internasional terhadap arti penting tradisi seni bela diri yang dimiliki nenek moyang bangsa Indonesia yang diturunkan dari generasi ke generasi dan yang masih berkembang sampai hari ini. Begitu berartinya lho!

Eh tak sepele memang, sampai-sampai, Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Prof. Surya Rosa Putra sendiri mengatakan, tradisi pencak silat bukan hanya sekedar bela diri, tetapi jadi sikap dan perilaku keseharian sebagai media penghubung dalam kehidupan sosial dan hubungan kepada Tuhan.

“Pencak Silat mengajarkan kita untuk dapat menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Meskipun pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun yang terpenting adalah pencak silat juga mengajarkan kita untuk dapat menahan diri dan menjaga keharmonisan.”

Salut memang ikhtiar masih banyak orang yang hingga kini mau merawat warisan budayanya. Ada berbagai pihak yang ikut mendorong pelestarian pencak silat ini baik dari pemerintah pusat dan daerah. Penetapan Tradisi pencak Silat sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, merupakan upaya bersama dari seluruh provinsi di Indonesia.

Dalam melestarikan seni bela diri silat hingga bisa diakui UNESCO Ini jelas tidak mudah gaes, sebab butuh usaha dan pengorbanan yang luar biasa. Upaya tersebut terdiri dari pengumpulan dan pengajuan data, menyelenggarakan berbagai workshop, serta penyusunan dan negosiasi dokumen nominasi. Tapi yang pasti patutlah berbangga hati atas usaha para pelaku dan juga atas apa yang menjadi kekayaan Indonesia.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang berkaitan dengan pncak silat di berbagai penjuru dunia. Ternyata saat ini terdapat komunitas, perguruan dan festival pencak silat di 52 negara di dunia.  Kolombia sendiri, sebagai tuan rumah sidang IHC. Dan kabar baiknya, dari hasil pembicaraan antara Menteri Olah Raga, Ernesto Lucena dan Duta Besar RI untuk Kolombia, Priyo Iswanto, pada tanggal 7 Oktober 2019 yang lalu, akan diselenggarakan forum ekshibisi pada bulan Februari tahun 2020 untuk memperkenalkan pencak silat kepada masyarakat Kolombia. Semoga aja terlaksana ya gaes. Tentu saja kita berharap mendapatkan apresiasi yang lebih baik lagi.

Sementara itu, Direktur Sosial Budaya dan OINB Kemlu, Kama Pradipta, turut mengatakan, Indonesia memiliki komitmen kuat untuk senantiasa menjaga kelestarian pencak silat, antara lain melalui pendidikan pencak silat yang tidak hanya fokus pada aspek olah raga dan seni bela diri, namun juga sebagai bagian dari seni dan budaya. Jadi, pencak silat bukan hanya untuk jago-jagoan gaes, tetapi sebagai media pembelajaran juga. Dan untuk tetap mencintai budaya.

Tak hanya pencak silat saja lho, saat ini Indonesia memiliki 11 warisan budaya tak benda UNESCO. Secara keseluruhan Indonesia memiliki 9 situs warisan budaya dan alam, dan 15 cagar biosfer Indonesia. Apalagi jumlah tersebut merupakan yang terbesar di antara negara-negara ASEAN lainnya.

Pokonya semua prestasi itu sangat membanggakan banget gaes. Kekayaan budayanya sangat banyak di seantero Nusantara. Soalnya di negara lain tak sekaya budaya kita. Apa yang gak ada di Indonesia lho? Makannya tak ada alasan lagi untuk tidak mencintai negeri Indonesia.


Like it? Share with your friends!

176
176 shares, 176 points

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Image
Photo or GIF