172
172 shares, 172 points

Kulturina.id – Dalam kunjungannya ke Kabupaten Nunukam, provinsi Kalimantan Utara, kali ini ada pemandangan yang berbeda lho, yaitu setiba di Bandara Yuvai Semaring, Kabupaten Nunukan, Presiden Jokowi langsung disambut dengan upacara adat. Lalu setelah turun dari helikopter, Kepala Negara melakukan prosesi pemotongan rotan sebagai simbol memasuki wilayah adat Dayak Lundayeh.

Eh ternyata, tak hanya upacara adat saja gaes. kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut antusias oleh warga. Dirinya juga diberi anugerah gelar Derayen Acang Aco, Kamis (19/12/2019).

Prosesi penganugerahan gelar adat tersebut dilakukan oleh 5 orang Kepala Adat Dayak Lundayeh dengan menyematkan atribut Dayak Lundayeh berupa sigar (topi adat), rompi (baju Talun dari kulit kayu), kalung manik, gelang, klupit (tas selempang), dan mandau/pelepet.

Kemudian, kepala Adat menyerahkan surat keputusan nama adat dan aspirasi masyarakat kepada Presiden Jokowi. Acara pun terlihat meriah dengan diiringi Tarian adat Arang Parisanang pada saat prosesi penganugerahan gelar adat ini.

Tapi tunggu dulu gaes, kalian pasti penasaran kan apa makana gelar itu. Nah, adapun gelar adat Derayen Acang Aco yang diberikan kepada Presiden Jokowi ini yaitu bermakna pemimpin besar yang mampu melakukan dan mengerahkan semua tenaga dan pikirannya untuk kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran rakyatnya. Terdengar sangat cocok ya gaes.

Selain itu, presiden menilai gelar adat tersebut merupakan sebuah kehormatan bagi dirinya. Gelar adat tersebut diberikan kepada Presiden Jokowi karena ia merupakan presiden pertama yang datang ke wilayah tersebut.

“Saya kira ini sebuah kehormatan yang sangat baik yang diberikan kepada kita karena memang ini adalah presiden yang pertama yang datang ke perbatasan di sini, di Kecamatan Krayan,” tutur Presiden kepada awak media.

Gelar adat tersebut juga akan menambah motivasi Presiden Jokowi untuk terus membangun wilayah perbatasan.

“Oh pasti menambah motivasi membangun perbatasan,” tegas Presiden Jokowi.

Sebagai Presiden tentu hal tersebut adalah sebuah keperrcayaan dan amanah yang luar biasa dari masyarakatnya, khususnya warga di Kalimantan Utara. Kita doakan aja ya gaes, semoga Presiden kita ini bisa membawa amanah rakyatnya ke arah kemajuan bangsa yang lebih baik ke depannya.


Like it? Share with your friends!

172
172 shares, 172 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF