168
168 shares, 168 points
Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan menyulap kampungnya menjadi Desa Edukasi Kopi

Kulturina.id – Hampir di sudut-sudut kota, kedai-kedai kopi dan kafe kini menjamur dan menjadi tempat tongkrongan asyik anak muda. Selain itu olahan kopi sekarang ini memang beragam. Rasanya tidak lagi pait, buat kamu yang tidak suka ngopi, sekarang ini bisa pilih pilih rasanya yang sesuai lidah kamu.

Saking ramainya dunia kopi, Desa Cibereum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan  menyulap desanya menjadi Desa Edukasi Kopi. Keren banget ya!  Bisa menambah daya tarik baru pariwisata dan juga bisa belajar banyak tentang produk kopi.

Desa wisata ini diresmikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon Fadhil Nugroho, dan Bupati Kuningan Acep Purnama, Selasa (10/12/2019). Peresmian tersebut ditandai dengan prosesi potong tumpeng.

Bagaimana tidak, memang komoditas unggulan desa ini adalah Kopi Cibereum, yakni adalah jenis kopi robusta yang memiliki cita rasa yang unik dengan sensasi rasa yang unik pula, seperti nuty, brown sugar, dark chocolate yang menyerupai rasa kopi Arabica.

Kopi robusta Cibeureum merupakan salah satu komoditas unggulan Desa Cibereum Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan, yang berlokasi di kaki Gunung Ciremai dengan ketinggian 500-700 mdpl. Kopi ini juga dikelola oleh salah satu kelompok tani Ratu Asih yang saat ini dibina oleh Bank Indonesia Cirebon.

Tak hanya itu gaes, Desa Wisata Kopi Cibereum ini dilengkapi fasilitas penunjang Ruang Edukasi Kopi dan juga Coffee Walk. Ruang edukasi kopi adalah untuk memberikan edukasi kepada pengunjung dengan diberikan paket pelatihan. Sedangkan Coffee Walk adalah sarana olahraga berupa jogging track untuk memperkenalkan aktifitas petani kopi Cibereum, wow luar biasa ya. Wisatawan nantinya bisa mengitari area kebun kopi pada track yang sudah dibuat jalur secara khusus.

Selain itu, kehadiran Kampung Warna-Warni juga yang dibangun dari program Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Cirebon, manambah daya tarik. Perkampungan penduduk dengan rumahnya yang penuh warna itu semakin mempercantik Desa Wisata Kopi Cibereum.

KPwBI Cirebon masuk ke desa ini tahun 2018 yang melihat adanya potensi komoditas kopi. Kemudian BI membangun kedai kopi Cibereum di sekitar lokasi wisata, yakni Kedai Kopi Cibereum “Lokeside Café”, untuk memperkenalkan kopi Cibereum kepada wisatawan sambil menikmati sajian kopi dan alam panorama setu Cibereum dan pemandangan Gunung Ciremai.

Menurut Bupati Kuningan, Acep Purnama, Pemkab Kuningan mengapresiasi Bank Indonesia yang sudah menyulap Desa Cibeureum menjadi desa wisata. Pihaknya pun akan terus membantu mewujudkan pembangunan di desa-desa lainnya di Kabupaten Kuningan.

“Apa yang tidak terlihat oleh kami, mungkin oleh pemerintah desa. Dengan naluri bisnis dari BI, maka bisa mengangkat perkonomian masyarakat di desa, dan perkonomian yang lainnya,” pungkasnya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk coba berkunjung ke Desa Cibeureum Kuningan. Soalnya kita bakal tahu pengetahuan tentang Kopi di sini. Bisa juga kamu sambil selfi di kampung warna warninya juga. Berangkat Gaes!


Like it? Share with your friends!

168
168 shares, 168 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF