180
180 shares, 180 points

Kulturina.id – Kini tempat-tempat wisata baru di Jawa Barat banyak banget gaes. Jika kamu kebetulan akan berencana liburan. Tempat yang satu ini jangan absen dari daftar kunjungan kamu. Ya, nama tempatnya yaitu Cukang Taneuh atau Green Canyon di Kabupaten Pangandaran.

Selain terkenal dengan pantainya, Kabupaten Pangandaran juga punya wana wisata yang mengagumkan. Green Canyon ini tepatnya berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang.

Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan sungai dengan pemandangan sekitarnya yang bisa memanjakan mata. Kamu akan bisa melihat aliran air yang jernih, pepohonan rimbun, tebing karst, air terjun kecil, hingga bebatuan yang tampak unik. Mantep banget pokonya, dijamin kamu bakalan betah berlama-lama di tempat ini.

Ada juga wahana yang wajib kamu coba di Green Canyon yaitu body rafting. Dan kerennya lagi body rafting ini dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Guha Bau. Selain itu, body rafting ini merupakan kegiatan wisata unggulan yang menawarkan dua trek. Pertama adalah trek panjang dengan panjang jarak tempuh 10 kilometer. Kedua adalah trek pendek dengan jarak 5 kilometer. Cukup panjang bukan?

Untuk bisa ikutan wahana ini, kamu cukup bayar keseruan Rp225 ribu (trek panjang) dan Rp200 ribu (trek pendek). Harga ini sudah termasuk perjalanan menggunakan mobil, perahu, makan, asuransi, dan tentu saja menikmati body rafting dengan pemandu yang handal. Pokonya aman dan dijamin fun sepanjang trek yang kamu lalui.

“Untuk body rafting ini, pesertanya minimal lima orang. Ini bisa satu kelompok atau digabung dengan peserta lain. Waktu tempuhnya sendiri 4-5 jam untuk trek panjang dan 1,5-3 jam untuk trek pendek,” kata Ketua BUMDes Guha Bau Teten Sutanto.

Begitupun dengan panoramanya, sungguh mengasyikan di sini, kamu akan melihat suasana yang aneh dan mencengangkan, karena sepanjang perjalanan, kamu bakal dimanjakan dengan petualangan seru dengan menyusuri sungai dengan warna airnya yang tampak hijau, bening karena pantulan dedaunan.

Buat kamu yang pengen nyebut, juga bisa dicoba. Nah biar aman tinggal pakai pelampunya aja. Gak usah khawatir jika tak bisa berenang. Sebab, setiap peserta dibekali pelampung, helm, sepatu karet, dan tentunya didampingi pemandu yang siap membantu jika sewaktu-waktu anda perlu bantuan.

Green Canyon sendiri kini jadi favorit wisatawan. Tahun lalu, pengunjung yang menikmati kegiatan body rafting ada sekitar 15 ribu orang. Hal ini juga yang akhirnya bisa berdampak positif untuk kegiatan ekonomi warga setempat. Bahkan, perputaran uangnya mencapai Rp2 miliar lho.

Beda halnya dengan sebelum Green Canyon pada saat belum serius dikelola dan menyuguhkan body rafting. Jangankan jadi tempat wisata, warga setempat pun takut untuk masuk ke Green Canyon. Dulunya sangat menyeramkan dan masih tidak tertata. Iya masih bener-bener alam perawan banget.

“Dulu sebelum jadi tempat wisata, bagi masyarakat di sini, Green Canyon itu adalah tempat angker. Tapi setelah jadi tempat wisata, secara perlahan mulai berkembang dan memberi manfaat bagi warga di sini,” jelas Teten.

BUMDes Guha Bau sendiri berusaha kini terus menggenjot pengelolaanya serta banyak melakukan pengembangan-pengembangan menggali potensi wisata di Desa Kertayasa ini. Rencananya di area ini akan dibangun tempat pentas untuk menampilkan ragam kesenian khas daerah. Bisa lebih seru ya kalau bener-bener ada. Nantinya kan menambah hiburan juga bagi para pengunjung.

“Ke depan, kita juga akan mengembangkan Green Coral yang sekarang belum begitu dikelola karena kemarin kondisi sungainya tidak ada airnya akibat kemarau,” tutur Teten.

Untuk para pengelola sendiri. BUMDes Guha Bau sangat fokus pada pemberdayaan masyarakat. Jadi lebih melihat penduduk lokal atau warga setempat yang ada sebagai pengelolanya. Keren ya!

Tapi untuk mengetahui gimana lebih detailnya langsung Dateng aja gaes kesana. Penasaran gimana keseruannya berwisata di sana? Mending kamu segera rencanakan dari sekarang. Goow men!


Like it? Share with your friends!

180
180 shares, 180 points

0 Comments

Your email address will not be published.

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube and Vimeo Embeds
Image
Photo or GIF