179
179 shares, 179 points

Diantara gegap gempita pembukaan Sea Games 2019 yang penuh siraman lampu di Philiphine Arena, Bulacan, Sabtu (30/11/2019). Ada pagelaran seni yang menarik para penonton disekitar stadion berkapasitas 50 ribu orang itu. Tarian Tradisional Philipina yang melegenda dan telah menjadi kebanggan warga Philipina, yaitu Tarian Sarimanok.

Tarian Sarimanok melengkapi pembukaan ajang dua tahunan SEA Games 2019 yang dibuka oleh Presiden Philipina Duterte itu. Para penonton yang memadati venue pun tampak menikmati sajian pagelaran seni tradisional yang dibalut dengan sentuhan multimedia itu. Tari Sarimanok terinspirasi dari Burung Sarimanok.

Seperti dikutip dari Wikipedia, Sarimanok sendiri adalah burung legendaris dari orang-orang Maranao yang berasal dari Mindanao, sebuah pulau di Filipina. Burung tersebut sebagai simbol Mitologi Filipina. Sariamano berasala dari dua kata “sari” dan “manok.” “Sari” berarti kain atau pakaian, yang umumnya memiliki berbagai macam warna, manok berarti “ayam”.

Burung legenda ini juga digambarkan sebagai unggas dengan sayap berwarna-warni dan ekor berbulu, memegang ikan di paruhnya atau cakar. Kepala dihiasi banyak motif gulir, daun, dan spiral. Dan banyak yang menyebutnya sebagai simbol keberuntungan.

Pagelara seni untuk membuka SEA Games 2019 ini, hanya diperkuat permainan lampu warna-warni yang memperindah gerakan para seniman. Tema yang diusung “The Roots of Our Strength” atau dalam bahasa Tagalog, “Ugat ng Ating Lakas”.

Tentunya penampilan seni tradisional tersebut menambah suasana gelaran SEA Games ini semakin menarik dan berkesan. Seni tradisional yang mereka tampilkan menggugah kita untuk selalu mencintai budaya sendiri serta menghargai kebudayaan negeri lain.


Like it? Share with your friends!

179
179 shares, 179 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Artikel
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF