142
142 shares, 142 points
Penampilan Tari Saman yang dibawakan Siswa Prinsce’s Creative School Kota Tangerang, saat memeriahkan Cap Go Meh di Kota Tangerang

Ratusan Etnis Tionghoa di Kota Tangerang, Banten khususnya yang berada di daerah Bilangan Kali Cisadane memadati Roemah Boeroeng (Romboer) Tangga Roenggeng yang terletak di Kali  Pasir, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (8/2). Mereka berkumpul untuk merayakan puncak dari Tahun Baru Imlek yakni Cap Go Meh.

Kebahagian tampak terpancar dimata para pengunjung ke Roemah Boeroeng Roenggoeng yang tak jauh dari Vihara Bon Tek Bio, salah satu rumah ibadah warga Tionghoa tertua di Kota Tangerang. Mereka menikmati berbagai pertunjukan dari mulai pertunjukan barongsai hingga tari saman.  Kemeriahan semakin lengkap tatkala hadir orang nomor satu di Kota Tangerang, Arief Wismansyah di heritage yang didirikan oleh Udaya Halim, Tokoh Tionghoa Peranakan Kota Tangerang yang biasa dikenal dengan Cina Benteng.   

Dalam kesempatan tersebut,Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah mengucapkan apresiasi  kepada tamu undangan yang telah datang ke Kota Tangerang, yang memilki sejarah tentang Warga Cina Benteng.

”Warga Cina Benteng itu One and Only in the World, jadi kalo cari Cina Benteng di dunia, adanya cuman di Kota Tangerang,” tuturnya. Karena itulah Arief juga menjelaskan kegiatan Cap Go Meh merupakan akulturasi budaya yang telah menampilkan beragam budaya diantaranya Tarian Saman.

”Mudah-mudahan kedepannya saya mengajak teman-teman membuat festival Cap Go Meh yang lebih besar,” ucapnya.  Arief menambahkan perayaan Cap Go Meh harus harus kita jaga dan lestarikan sehingga menjadi kebanggaan seluruh masyarakat, dari Kota Tangerang untuk Indonesia.

”Karena Kota Tangerang memiliki beragam budaya dan agama, Mudah-mudahan kerukunan ini selalu terjalin dengan baik,” pungkasnya. Sementara itu, Founder Roemah Boeroeng yang juga pendiri Benteng Heritage Udaya Halim menjelaskan Cap Go Meh merupakan bagian dari tradisi akhir dan puncak perayaan Imlek. ”Saya harap Cap Go Meh menjadi tempat dimana kita bisa silahturahmi dengan semua elemen masyarakat Kota Tangerang maupun luar daerah,” ungkapnya.


Like it? Share with your friends!

142
142 shares, 142 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF