176
175 shares, 176 points

Kulturina.id – Kabar baik gaes! ternyata Indonesia kini telah berhasil memulangkan 1.500 benda sejarah dari Museum Delft Belanda setelah sangat lama berada di negeri orang lain.

Seperti diunggah akun instagram Kemendikbud.id pada Minggu (29/12/19). Pihaknya mengunggah foto-foto yang memperlihatkan benda-benda sejarah, salah satunya seperti Keris dan miniatur kapal layar.

Tahu gak? dikarenakan Museum Delft ini mau tutup, jadi benda sejarah yang jumlahnya 1.500 itu akan dikembalikan ke Indonesia. Dan kini pihak Indonesia berhasil membawa pulang ke tanah air. Turut bahagia ya gaes.

Dan saat ini benda bersejarah itu sedang melalui proses repatriasi dan nantinya akan bisa dilihat di Museum Nasional.

Proses pemulangan 1.500 benda sejarah ini dilakukan oleh Museum Nasional Indonesia dan bekerjasama dengan BUMN Logistik PT. Bhanda Ghara Reksa.

Seperti telah diketahui pada 2016 lalu bahwa PM Belanda Mark Rutte berkunjung ke Indonesia membahas soal benda sejarah tersebut. Dia menyatakan, pemerintah Belanda akan mengembalikan 1.500 artefak ke Indonesia.

Pada pertemuan tersebut PM Rutte juga memberikan sebuah keris kepada Presiden Jokowi sebagai simbolisasi pengembalian artefak. Tetapi dia tak menjelaskan jenis dan dari tahun berapa keris tersebut.

Pengembalian benda sejarah milik Indonesia ini yang paling istimewa adalah keris. Senjata tersebut selain memiliki nilai sejarah juga ada estetikanya.

Warisan budaya Indonesia memang banyak tersimpan di Museum yang ada di Belanda. Sebagai anak bangsa dan generasi Indonesia, kita patut berbangga kepada nene moyang kita dulu serta harus tetap merawatnya, salah satunya dengan berusaha mengembalikan benda-benda yang ada di luar negeri ke tanah air lagi.

Kita juga harus mengapresiasi kepada orang-orang yang mau peduli dan berusaha untuk memulangkan benda sejarah yang jumlahnya sangat banyak ini ke tanah air. Yuk kita ikuti perkembangannya seperti apa. Penasaran ya gaes pengen liat keunikan benda-benda sejarah itu. (Red)


Like it? Share with your friends!

176
175 shares, 176 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bagikan Artikel
Choose A Format
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Image
Photo or GIF